Sanjo, Tradisi Masyarakat Sumatera Selatan di Hari Lebaran

  • Rabu, 23 Juni 2021 - 09:24:51 WIB
  • admin kip
Sanjo, Tradisi Masyarakat Sumatera Selatan di Hari Lebaran

PALI - Sanjo atau bertamu saat lebaran merupakan tradisi turun temurun yang biasa dilakukan umat muslim di Sumatera Selatan untuk bersilaturahmi serta saling bermaaf-maafan di hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Kamis (13/05/21).

Salah satunya adalah umat muslim di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),meskipun PALI berstatus zona Orange dalam covid-19, namun tak menyurutkan keinginan masyarakat untuk mengunjungi sanak keluarga ataupun tetangga dan bermaaf-maafan.

Biasanya Sanjo dilakukan oleh keluarga terkecil atau muda mengunjungi rumah orang tua, atau sanak keluarganya yang dituakan.

"Idak lego, kalo idak salaman langsong saling maaf-maafan." Ujar Fitri Lastri (32), warga Talang Subur, saat di jumpai di kediaman rekan kerjanya. Kamis (13/05/21).

Tradisi Sanjo biasanya selalu dilakukan tiap tahun selepas shalat Hari Raya Lebaran. Ada yang Sanjo ke tempat keluarga terlebih dahulu, ada juga yang saling mengunjungi antar bertetangga.

"Tiap tahun biasonyo kami saling sanjo, cak hari ini kami kerumah kawan, agek besok apo luso kawan kerumah kami." Terang Fitri

Namun, menurut Fitri dirinya sedih karena  banyak saudara dan kerabat di tanah rantau yang belum bisa pulang dan berlebaran di PALI, karena adanya aturan pemerintah yang melarang mudik lebaran.

"Sedih, biasonyokan kalo lebaran ngumpul galo dulur-dulur yang gawe samo yang sekolah diluar. Tapi lah duo tahun ini dak balek, lantak corona ni." Ungkap wanita satu anak ini.

Terpisah, Agus Heriyanto (58) warga kebun sayur menuturkan jika lebaran Idul Fitri tahun ini terbilang lumayan ramai dibandingkan tahun kemarin.

"Alhamdulillah, agak rame dibandingkan tahun kemarin. Shalat Ied tahun kemarin dak katek,tahun ini ado." Ucap pria yang kesehariannya berdagang ini.

Agus juga mendukung langkah pemerintah terkait protokol kesehatan di masa pandemi.

"Kito turuti,apo yang dianjurke pemerintah.Mudah-mudahan abislah Corona ini." Harapnya.

 

                                                                Sumber : hitspali.com

  • Rabu, 23 Juni 2021 - 09:24:51 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya